mangaan bae lahh..

Kamis, 30 Mei 2013

Rangkuman Mata Kuliah Dasar Komputer dan Pemrograman



Bismillah..
Teman-teman sebangsa dan setanah air kali ini saya hendak menuliskan sedikit Rangkuman mengenai setiap materi mata kuliah Dasar Komputer dan Pemrograman yang telah disampaikan oleh dosen kami tercinta yaitu Bapak Maman Somantri. Adapun bab-babnya antaralain yaitu:
1. Perkembangan Komputer
2. Sistem Bus
3. Internal dan Eksternal memori
4. I/O
5. Operating System

A. Perkembangan Komputer
Oke to the point saja, mari kita melaju ke pembahasan yang pertaman mengenai Perkembangan Komputer. Komputer pertama kali digunakan pada tahun 1943, computer ini dinamakan ENIAC (Electrical Numerical Integrator and Computer) berbentuk suatu alat yang begitu besar mungkin setara dengan ruangan kelas sedangkan beratnya 30 ton, elemen-elemennya terdiri dari 18000 tabung hampa dan menyedot energy 140 kw. Komputer ini hanya bisa melakukan perhitungan sederhana saja yaitu melakukan perhitugan decimal.
                Kemudian di tahun 1943 ditemukanlah computer yang lebih mutakhir dari komuter generasi sebelumnya. Computer ini dinamakan Von Neumann/ Turing. Adapun karakteristik dari computer ini sudah memiliki media penyimpanan program. Bekerja dari berdasarkan data biner, system input dan output dikendalikan oleh control unit. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan gambar berikut ini:

              
 Kemudian beberapa tahun kemudian ditemukanlah komputer yang lebih canggih lagi kompuer ini dinamakan IAS, karakterisitik computer ini yaitu:
a. terdiri dari 1000 x 40 bit kata
b. Pembacaan data berdasarkan angka biner
c. Sudah memiliki memory cadangan
d. perhitungan yang sudah multiple quotient
e. dilengkapi dengan accumulator, dll.
                Berikut ini sistematika dari computer IAS (terlihat lebih kompleks dari von Neumann):
                Berlanjut ke tahun-tahun berikutnya, semakin hari semakin teknologi maju para ilmuwan belum merasa puas dengan computer yang sudah ada, lalu mereka pun menciptakan computer generasi yang lebih baru. Ditemukanlah computer dengan nama UNIVAC I dan II pada akhir decade 50an. Karakterisitk computer ini tidak cukup sinifikan perbedaanya dari computer sebelumnya. Computer ini hanya memiliki kinerja yang lebih baik dan memori penyimpanan yang lebih besar, berdasrkan sejarah computer ini merupakan computer komersial yang pertama.
                Kemudian sebuah perusahaan di Amerika Serikat yang bernama IBM mengembangkan computer jenis baru. Karakterisitik dari computer ini adalah:
1. Punched-card processing equipment
2. mampu melakukan perhitungan scientific
3. memiliki aplikasi yang berhubungan dengan bisnis
                Tahun-tahun berikutnya terjadi revolusi secara besar-besaran dalam dunia perkomputeran, elemen-elemen dalam computer yang waktu itu masih menggunakan tabung hampa mulai tergantikan dengan elemen transistor, dimana elemen ini memiliki fakta dan karakterisitik sebagai berikut:
1. strukur lebih kecil dan ringan;
2. biaya pembuatan lebih murah;
3. merupakan teknologi mesin generasi kedua (Pengganti tabung hampa) dengan kinerja yang lebih baik;
4. computer yang pertama kali menggunakan teknologi ini adalah IBM 7000;
5. mesin yang mampu memproduksi alat semacam ini adalah NCR dan RCA
               
Ternyata manusia itu tidak pernah puas terhadap hal apapun yang pernah mereka capai, termasuk dalam dunia perkomputeran. Mereka menciptakan teknologi computer yang semakin baru pada decade ‘70an  yang dinamakan small electronics tapi yang lebih popular bernama microelectronic. Karakteristiknya yaitu:
1. terdapat jutaan perangkat yang sangat kecil dalam sebuah chip, sedangkan dalam satu computer terdapat beberapa chip yang telah terintegrasi.
2. otomatis ukuran computer menjadi jauh lebih kecil dari computer sebelumnya.
3. mampu melakukan perhitungan yang sangat rumit tapi dengan respon yang cepat.
                Berhubung pak Dosen hanya menjelaskan sampai disitu maka saya pun mengerjakan sampai situ juga. Hanya sebagai pengetahuan dari hari kehari computer semakin canggih tidak berhenti sampai penjelasan di atas.. sampai tulisan ini dibuat teknologi computer bukan hanya diapliksikan di PC tapi juga di tablet PC, smartphone, televisi, otomotif, dan masih banyak lagi. Pokoknya saat ini dunia serba digital.

2. Sistem Bus
                Bus merupakan jalur komuniksi untuk menghubungkan antar dua perangkat atau lebih. Biasanya digunakan pada broadcast. Cara kerja bus yaitu: Transfer data atau carries data dari satu device ke device yang lain melalui suatu jalur biasanya berbentuk kabel atau USB (Universal Serial Bus). Dalam proses pengiriman data melalui bus ini memiliki beragam kecepatan, faktor yang yang menentukannya adalah lebar bit, semakin besar lebarnya maka semakin besar pula kecepatan transfer datanya, faktor lainnya antaralain teknologi yang digunakan. contoh yang sekarang paling banyak dipakai adalah teknologi USB v2.0 dan teknologi yang terbaru adalah USB v3.0 selain itu penggunaan material pada hardware bus juga sangat menentukan dalam transfer rate data. Berikut ini adalah skema interkoneksi bus:

                Tipe-tipe bus yang ada sekarang ini adalah:
1. Single, merupakan tipe bus yang memisahkan antara jalur data dengan jalur alamat yang dipakai untuk transfer data.
2. Multiplexed, merupakan tipe bud dimana menggabungkan antara jalur data dengan jalur alamat.

3. Internal dan Eksternal Memory
3.1 Internal Memory
Internal memory adalah suatu jenis memory yang ditanam pada suatu perangkat (contohnya di CPU) yang menyatu system. Karkteristik internal memori yaitu:
a. ditanam di dalam computer
b. perangkatnya bersifat permanen (non cabut-pasang)
c. penyimpanan data bersifat volatile, maksudnya data yang disimpan di internal memori akan hilang begitu saja jika system tidak bekerja terhadap data yang bersangkutan.
      Yang termasuk kedalam internal memori yaitu : RAM (Random Access Memory), DRAM (Dynamic RAM), ROM (Read Only Memory), dan cache.
3.2 Ekstenal Memory
                Eksternal Memory adalah suatu jenis memori yang terpisah dari system yang digunakan untuk penyimpanan data bersifat permanen. Karakteristik eksternal memory yaitu:
a. Penyimpanan data bersifat permanen (non-volatil)
b. perangkat bersifat removable
c. kapasitas penyimpanannya biasanya lebih besar dibandingkan internal memory
d. penghubung antara device dengan computer bisa melalui USB port, Disk reader dan motherboard.
      Jenis-jenis eksternal memory yaitu:
1. Magnetik disk, meliputi: RAID, disket, hardisk Eksternal, flashdisk, dan MMC card.
2. Optical disk, meliputi: DVD, CD-RW, CD-ROM

4. Input / Output (I/O)
      Pengertian input yaitu suatu alat untuk memasukkan data, sedangkan output yaitu suatu alat pada computer untuk mengeluarkan data.
Masalah-masalah Input/Output
1. Periferal yang bervariasi
2. Pengiriman jumlah data yang berbeda
3. Dengan kecepatan yang berbeda
4. Dalam format yang berbeda
5. Semua periferal I/O harus berkecepatan lebih lambat dari CPU dan RAM
6. Memerlukan modul I/O
Modul Input/Output
1. Interface ke CPU dan memori
2. Melalui sistem bus atau perpindahan utama
3. Interface ke satu atau lebih peripheral Melalui link yang sesuai
Perangkat yang termasuk ke dalam input / output
1. yang terbaca manusia yaitu: monitor, printer, keyboard
2. yang terbaca mesin yaitu: pengawasan dan control, sensor, aktuator, pita/disk magnetic, komunikasi, modem, network Interface Card (NIC)
     

5. Operating System (OS)
                Operating system adalah suatu program yang mengatur eksekusi program-program aplikasi dan berfungsi sebagai interface antara pengguna komputer dengan hardware computer. Karakteristik OS yaitu:
1. membuat komputer lebih mudah untuk digunakan
2. memungkinkan sumber daya sistem komputer digunakan dengan cara yang efisien
3. mampu disusun sedemikian rupa shg memungkinkan pengembangan yang efektif, pengujian, dan penerapan fungsi sistem baru tanpa mengganggu layanan yang telah ada.
Ada pun gambaran peran OS pada computer adalah sebagai berikut.

                Sedangkan fungsi OS di Komputer yakni:
1.  Pembuatan program
2. Eksekusi program
3. Akses ke perangkat I/O
4. Akses terkontrol ke file
5. Akses sistem
6. Deteksi error dan respons
7. Laporan
                Berikut ini adalah tipe sistem operasi:
1. Interaktif
2. Batch
3. Single program (Uni-programming)
4. Multi-programming (Multi-tasking)
                Merk OS yang banyak beredar di pasaran untuk perangkat system computer yaitu Windows, Mac OS, dan Linux sedangkan OS untuk perangkat telepon seluler adalah Android, iOS, Windows Phone, Bada, Tizen, MeeGo, Firefox OS, Ubuntu OS, Blackberry OS, dan Java.


     

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar